S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah program studi S1 yang bernaung pada Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias Raya dengan yang bergerak pada bidang pendidikan yang berpusat pada pembelajaran dan pengajaran bahasa Indonesia tentang ilmu linguistik seperti morfologi, fonologi, semantik, dan sebagainya serta materi tentang kesusastraan seperti teori dan sejarah sastra, apresiasi karya sastra, hingga kritik sastra. Terdapat 4 kompetensi berbahasa yang diharapkan dimiliki oleh setiap lulusan: membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Total SKS yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa program studi ini adalah 150 SKS.

Visi

Menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berbasis nilai-nilai budaya lokal untuk memajukan kepulauan Nias dan nasional pada tahun 2025.

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang bermutu sehingga memiliki daya saing, baik di tingkat lokal maupun nasional;

2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan di bidang bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu berkontribusi dalam menghasilkan publikasi yang berkualitas.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk memberi kontribusi dalam melestarikan nilai kearifan lokal.

4. Melaksanakan kerjasama di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat mendukung peningkatan mutu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Universitas Nias Raya.

5. Melaksanakan pembinaan dan pendampingan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar menjadi mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan berjiwa wirausaha.

6. Melaksanakan tata kelola yang baik di tingkat Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Alamat Website uniraya.ac.id
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!